Mengenal Berbagai Pengobatan Medis untuk Penyakit Kanker

Kanker adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Penyakit kanker tergolong penyakit yang ditakuti banyak orang karena bisa menyebabkan kematian. Walapun kanker merupakan penyakit menakutkan, bukan berarti penderita kanker tidak bisa disembuhkan. Jika Anda mengetahui penyakit ini sejak awal, kesempatan untuk sembuh akan semakin besar. Ini lantaran kanker yang dimiliki masih dalam stadium awal sehingga kanker belum menyebar kebagian organ lain di dalam tubuh. Untuk mengobati penyakit satu ini, Anda tidak perlu ke luar negeri karena di Indonesia sendiri telah ada rumah sakit kanker Siloam. Di rumah sakit ini telah terdapat alat medis untuk mengobati penyakit kanker karena Siloam sendiri memiliki satu rumah sakit yang khusus menangani masalah kanker, yaitu MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Berikut ini berbagai pengobatan medis untuk penyakit kanker yang perlu Anda ketahui.

Operasi

Jenis pengobatan medis pertama untuk penyakit kanker adalah operasi. Pengobatan satu ini termasuk pengobatan yang sudah sejak lama jadi pilihan sebagian orang untuk masalah kanker. Operasi merupakan tindakan medis untuk mengangat bagian yang terinfeksi kanker. Cara ini juga dapat mencegah sel kanker agar tidak menyebar. Pengobatan medis satu ini sangat bagus dilakukan saat kanker masih stadium awal. Menjalankan operasi tentunya ada efek samping. Secara umum efek samping melakukan operasi kanker diantaranya timbul rasa sakit, pendarahan, infeksi, dan pembengkakan pada bagian bekas operasi.

Kemoterapi

Kemoterapi merupakan jenis pengobatan dengan menggunakan obat-obatan atau zat kimia untuk menghancurkan sel kanker. Biasanya jika menggunakan zat kimia akan dimasukan ke dalam selang infus pasien. Fungsi dari obat atau zat kimia ini yaitu untuk menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kemoterapi biasanya tidak cukup dilakukan satu kali, bisa sampai 6 kalian sesuai dengan tingkat kanker. Perlu Anda ketahui menjalankan kemoterapi punya efek samping seperti rambut mengalami kerontokan, anemia, infeksi, diare, kelelahan, mual dan muntah. Tidak hanya itu saja melakukan kemoterapi, baik pria atau wanita bisa menyebabkan masalah reproduksi. Sedangkan keuntungan dari kemoterapi yaitu membantu mengecilkan kanker yang ada sebelum operasi atau radiasi dan mengancurkan sel kanker yang mungkin saja masih ada.

Radioterapi

Radioterapi merupakan pengobatan medis yang bermanfaat untuk penyakit kanker. Yang mana cara kerja alat medis satu ini adalah dengan memanfaatkan sinar radiasi untuk mengancurkan tumor dan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Radioterapi juga bisa menjadi cara untuk memastikan sel kanker mati sampai keakar-akarnya. Namun, pengobatan medis satu ini bisa menimbulkan dampak buruk. Dampak buruk dari melakukan radioterapi yaitu membuat sel-sel normal jadi rusak.

Imunoterapi

Imunoterapi termasuk salah satu jenis pengobatan medis untuk penyakit kanker. Cara kerja dari pengobatan medis ini yaitu dengan memasukan cairan obat kanker ke dalam suntikan. Suntikan yang telah berisi cairan obat tadi akan disuntikan pada bagian tubuh yang terkena kanker. Dengan pengobatan satu ini bertujuan agar tubuh kebal melawan sel kanker sehingga sel kanker tidak menjadi meningkat. Pengobatan satu ini kurang efektif karena tidak semua sel kanker yang ada di tubuh bisa hancur.

Cryosurgery

Jenis pengobatan medis terakhir untuk penyakit kanker adalah cryosurgery. Cryosurgery adalah pengobatan dengan menggunakan suhu ekstrem untuk membunuh kanker dan tumor. Pengobatan ini juga diyakini bisa mengobati kanker yang telah stadium 3 bahkan 4 karena fungsinya untuk mematikan kanker. Pengobatan ini bisa untuk kanker bagian luar dan dalam.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *